IT News Blog

Computer and Information Technology

Mengganti Gambar Boot Screen Windows XP



Boot Screean adalah tampilan gambar yang pertama muncul setelah logo/gambar/merk mainboard pada saat komputer baru saja dihidupkan maupun direstart. Secara default Boot Screen Windows XP adalah gambar logo Windows dengan tulisan Windows XP di bawahnya.


Default Windows XP Boot Screen

Kita bisa mengganti (customizing) gambar boot screen Windows XP default tersebut dengan gambar kita sendiri atau gambar yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Untuk memudahkannya kita bisa menggunakan software TuneUp Utilities, sebagai contoh di sini saya menggunakan software TuneUp Utilities 2008, versi terbarunya bisa di download di sini. Langkah-langkah mengganti gambar Boot Screen Windows XP adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi TuneUp Styler 2 melalui menu Start > All Programs > TuneUp Utilities 2008 > Tune Up Styler 2
  2. Klik New Screen dan akan muncul jendela Create Boot Screen

  3. Di bawah tulisan Select Image ada 3 pilihan cara memasukkan gambar baru, klik Search local drives untuk mengambil file gambar yang ada di komputer, klik Capture pictures from camera or scanner jika ingin mengambil flie dari webcam, camera digital atau scanner kamu, Find pictures with Google jika kamu ingin mencari gambar menggunakan Google.

  4. Setelah kamu memilih gambar yang kamu inginkan, kemudian kamu bisa mengatur penempatan gambar, latar belakang, garis tepi gambar maupun progress barnya. Kamu bisa dengan mudah menggantinya karena previewnya bisa langsung kamu lihat di sampingnya.
  5. Jika sudah, kamu harus menyimpan hasil kreasi kamu tersebut dengan cara klik Save Boot Screen, kemudian masukkan nama Boot Screen dan nama kamu sebagai author (pencipta) Boot Screen baru tersebut, kemudian klik OK

  6. Sekarang kita sudah punya piliha boot screen Windows XP yang baru, klik nama boot screen tersebut kemudian klik tombol InstallBoot Screen untuk memasangnya menjadi bbot screen komputer kita.

Di komputer/notebook kamu sudah terpasang boot screen baru, untuk melihat hasilnya kamu bisa melakukan restart kompuer kamu sekarang juga. Jika ingin mengembalikan gambar boot screen menjadi gambar boot screen yang asli, pada TuneUp Styler tadi klik tombol Restore Defaults agar gambar boot screen kembali seperti semula.
Apakah kamu menyukai artikel ini?

1 Komentar:

kenapa TuneUp 2011 tidak ada?

 

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

| More