IT News Blog

Computer and Information Technology

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

Cara print / cetak file / foto langsung dari HP Android



Mungkin banyak di antara teman yang ingin mencetak foto atau file lain misalnya tiket langsung dari HP android tanpa harus menggunakan komputer?
Teman-teman mungkin bisa mencoba trik ini.
Ada 3 alternatif cara ngeprint / cetak file atau foto langsung dari HP android smartphone.

  1. 1. Menggunakan OTG. Cara pertama, teman-teman bisa menggunakan perangkat tambahan di HP android, alat ini disebut dengan OTG (On the Go), yaitu alat kecil yang berupa sambungan / konverter dari micro USB atau USB type C menjadi USB female sehingga kabel USB printer teman-teman bisa dipasang ke HP Android. Alat ini dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000 atau lebih tergantung mutu dan bentuk. Kemudian setelah alat ini disambung ke HO Android kita, teman-teman juga perlu mendownload aplikasi cetak untuk smartphone Android. Saya menyarankan aplikasi StarPrint, karena mudah dan kompatibel dengan banyak printer juga tanpa harus membayar. Silahkan download di Play Store.
    Setelah berhasil didownload, buka aplikasi dan temukan file yang ingin teman-teman cetak. Oh iya, sebelumnya jangan lupa hubungkan kabel USB printer ke HP Android teman-teman agar proses tidak bolak-balik. Jika sudah, tinggal tekan cetak aja dan pastikan ukuran kertas sudah benar ya. Selesai, untuk alternatif 1.
  2. Cetak melalui jaringan lokal atau Local Area Network melalui kabel atau nirkabel/ wireless. Untuk mencetak melalui LAN ini sangat mudah,, caranya download aplikasi seperti di atas tadi StarPrint, buka aplikasi dan pilih foto atau file yang ingin dicetak, tentukan nama printer dengan memilih printer di jaringan, mungkin teman-teman harus menggunakan password domain jika printer berada di dalam jaringan domain. Berikutnya tinggal klik cetak.
  3. Gunakan perangkat PrintServer.Cara ini bisa juga digunakan agar proses cetak tidak memerlukan komputer dalam proses pencetakan file atau foto. Caranya,  teman-teman harus punya perangkat PrintServer dulu, harganya paling murah sekitar Rp 70 ribuan bahkan sampai jutaan. Jika teman-teman sudah punya alat ini kemudian sambungkan kabel USB Printer ke printserver. Kemudian hubungkan handphone ke wifi print server, buka aplikasi cetak file atau foto misalnya StarPrint tadi, cari file atau foto yang ingin dicetak kemudian temukan nama printer yang sesuai dan cetak.
Jika teman-teman punya pertanyaan atau masukan mengenai artikel ini, silahkan tulis di komentar di bawah ini.
Semoga bermanfaat.
Apakah kamu menyukai artikel ini?

0 Komentar:

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

| More

Cara print / cetak file / foto langsung dari HP Android

Mungkin banyak di antara teman yang ingin mencetak foto atau file lain misalnya tiket langsung dari HP android tanpa harus menggunakan...