IT News Blog

Computer and Information Technology

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

Cara Mendengarkan Radio Streaming di BlackBerry

Radio Streaming adalah inovasi mutakhir dari siaran radio biasa. Radio Streaming adalah teknologi penyiaran radio yang memanfaatkan teknologi internet sehingga radio bisa diakses dan didengar dari seluruh penjuru dunia.

Di internet kita bisa menemukan banyak alamat-alamat radio streaming dari seluruh dunia misalnya di alamat http://www.shoutcast.com/. Di alamat tersebut kita bisa menemukan radio streaming dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Untuk mendengarkannya klik nama stasiun radoinya kemudian akan terbuka aplikasi Winamp dan siaran itu akan terdengar.

Di BlackBerry sebenarnya ada aplikasi yang pemutar radio misalnya TuneIn Radio, namun kekurangannya adalah untuk bisa mendengar radio streaming kita tidak bisa menggunakan koneksi BIS (BlackBerry Internet Service) yang gratis sehingga pulsa akan terpotong untuk setiap byte yang kita pakai (kecuali koneksinya menggunakan WiFi)

Sebenarnya ada cara yang mudah dan gratis untuk bisa mendengarkan radio streaming melalui BlackBerry kita, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka browser BlackBerry kamu kemudian masukkan URL radio yang ingin kamu dengar, misalnya http://76.73.7.18:8096/ kemudian klik enter/Go

  2. Jika ada pertanyaan seperti ini, klik saja pilihan Buka

  3. Tunggu proses bufferingnya sampai tulisan sedang menyangganya hilang, maka suara radio akan terdengar.
Mungkin teman-teman ada yang bertanya baagaimana cara tahu alamat URL Stasiun Radio yang ingin kita dengar. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka browser Internet Explorer dari komputer kamu dan buka alamat www.shoutcast.com, kemudian cari stasiun radio yang ingin kamu dengar,
  2. Kalo sudah ketemu, klik kanan di atas nama stasiun radio tersebut kemudian klik Save Target As

  3. Beri nama file tersebut misalnya "kaskus.txt" (dengan tanda kutip), kemudian klik OK

  4. Tunggu proses downloadnya, jika selesai download buka file tersebut dengan klik Open

  5. File yang yang baru saja didownload tersebut akan terbuka di Notepad. Di sini lah kamu bisa melihat URL sebenarnya dari stasiun radio tersebut.

Sebagai catatan, cara mendengarkan radio streaming di BlackBerry ini telah saya uji pada BlackBerry dengan sistem operasi versi 5 (OS5) dan mungkin tidak berlaku di BlackBerry yang menjalankan sistem operasi versi 6 (OS6)
Apakah kamu menyukai artikel ini?

2 Komentar:

makasih brader infonya sangat sangat sangat membantu saya, top banget, :)
jangan lupa berkunjung ke web saya ya brad nih urlnya http://brucetitania.com

 

Wahh,, trnyata cara saya sLama ini saLah pntasan aja gag bisa,, mkasi yah infonya,,,, visit http://www.irwank-ks.blogspot.com

 

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

| More

Cara print / cetak file / foto langsung dari HP Android

Mungkin banyak di antara teman yang ingin mencetak foto atau file lain misalnya tiket langsung dari HP android tanpa harus menggunakan...