IT News Blog

Computer and Information Technology

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

Cara Update AVGFree secara Manual (Offline)

Antivirus AVG Free Edition cukup populer di Indonesia karena AVGFree cukup mampu mendeteksi dan membersihkan file-file yang terkena/terjangkit virus-virus lokal maupun virus dari luar. Kelebihan virus ini antara lain bisa melakukan scanning secara real-time sehingga virus yang mencoba masuk melalui flashdisk, disket maupun media lain akan secara otomatis terdeksi dan jyga akan langsung diberikan tindakan berupa Heal (yaitu membersihkan ataupun Move to Vault (dikarantina jika file yang tertular tidak bisa dibersihkan).

Agar komputer kita tetap terhindar dari virus-virus baru yang bermunculan, sangat dianjurkan untuk senantiasa melakukan Update agar program antivirus kita selalu bisa mengenali virus-virus baru tersebut. AVGfree memberikan dua pilihan cara untuk melakukan Update tersebut, yaitu bisa secara Online maupun Offline (komputer tidak terhubung secara langsung melalui internet).

Cara Update AVGFree Edition secara online (jika komputer secara langsung terhubung ke internet), yaitu:
  1. Klik kanan ikon AVGFree pada taskbar yaitu di sebelah kanan bawah layar komputer kita, kemudian pilih Check for Update
  2. Pada jendela baru yang muncul klik tombol Internetm naka AVGFree akan secara otomatis memeriksa apakah update sudah tersedia.
  3. Jika tersedia update maka akan muncul pilihan misalnya Priority Update, Recomended Upadte serta Oprional Upadate, sorot semuanya dan klik Update Now dan jendela baru akan muncul menandakan sedang terjadi proses download. Tunggu hingga proses download selesai dan klik OK.
Cara update AVGFree secara offline/manual:
  1. Yangkita perlukan adalah file pattern yang bisa kita download di http://free.grisoft.com/doc/update/us/frt/0
  2. Download file terbaru pada kolom Priority Update (biasanya terletak pada kolom paling bawah). Download juga file pada kolom Recomended Update serta Optional Update.
  3. Setelah selesai di download, simpan ke dalam flashdisk tiga file tersebut.
  4. Pada komputer yang ingin diupdate klik kanan pada ikon AVGFree yang terdapat di taskbar pojok kanan bawah layar komputer dan pilih Check for Update.
  5. Pada jendela baru yang muncul klik tombol folder dan arakan ke flashdsik dan folder yang memuat file upadte yang baru saja didownload kemudian klik OK. Tunggu hingga proses selesai.
Catatan:
  1. Rentang wakru untuk melalukan update kembali biasanya setiap 1 hari sekali
  2. AVGFree akan membatalkan update jika update tidak tersedia atau file yang ada di flashdisk sudah kadaluarsa
  3. Priority Update maksudnya adalah memuat database virus yang wajib didownload. Rexomended Update adalah memuat perbaikan program AVGFree itu sendiri, sedangkan Optional update juga memuat perbaikan-perbaikan profram antivirus AVGFree disertakan juga untuk meningkatkan kinerja progra AVG Free tersebut.
Tips:
Agar proses download update antivirus bisa berjalan dengan baik, sebaiknya gunakan Mozila Firefox yang bisa didownload di bawah ini.
Apakah kamu menyukai artikel ini?

0 Komentar:

Bookmark / Cetak / Bagilkan Artikei Ini

| More

Cara print / cetak file / foto langsung dari HP Android

Mungkin banyak di antara teman yang ingin mencetak foto atau file lain misalnya tiket langsung dari HP android tanpa harus menggunakan...